Menu Close

PKL Tata Busana Berkarya

Praktek Kerja Lapangan (PKL) adalah kegiatan wajib bagi siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yaitu kegiatan belajar dengan objek dan tempat langsung di Dunia Usaha / Dunia Industri. Dalam Kurikulum 2013 (rev 2018) pelaksanaan PKL selama 120 hari / 24 minggu / 6 Bulan. Untuk meningkatkan mutu tamatan Sekolah Menengah Kejuruan dan program kesepadanan antara tamatan Sekolah Menengah Kejuruan dengan Dunia Usaha /Dunia Industri

Dulunya, PKL disebut dengan istilah PRAKERIN (Praktek Kerja Industri) dengan
memberikan pengalaman kerja langsung di Dunia Usaha / Dunia Industri, dan memenuhi hal-hal yang belum terpenuhi di sekolah agar standar kompetensi lulusan dapat tercapai.

Peserta PKL bersama Ibu Siti

Ada yang menarik pada PKL Tahun ini, ada 3 peserta didik kelas XI Tata Busana yang sedang melaksanakan PKL, telah menghasilkan karya di Du/Di tempat mereka melaksanakan PKL. Mereka bertiga membuat Gaun Pesta yang sangat indah. Menurut informasi dari pembimbing PKL Fitri Purnamasari, S.Pd., ketiga peserta didik PKL, masing-masing membuat Gaun Pesta itu sendiri-sendiri
kurang lebih selama 8 Hari, dengan dibimbing oleh pemilik tempat usaha tailor yang dikenal dengan Ibu Siti.

Waktu yang cukup cepat untuk peserta didik Kelas XI Tata Busana, yang selama ini telah belajar secara daring dan beberapa kali tatap muka di sekolah. Hasil tersebut tidak semata-mata peserta didik PKL dapat langsung membuat.

Pada awal PKL, Ibu Siti panggilan akrab pemilik Usaha Tailor di daerah Kalianget ini hanya memberikan kain perca untuk membuat baju atasan sebagai latihan. Setelah hasilnya dilihat bagus, peserta didik membeli kain sendiri, dan dijahit sendiri dengan model yang berbeda dari ketiganya. Untul model, peserta didik yang menentukan, dengan kreasi masing-masing.

Gaun Pesta Hasil Karya Peserta Didik PKL

Ketiga peserta didik tersebut adalah Siti Holisa, Siti Kustina, dan Siti Noer Aisyah, mereka merupakan peserta didik kelas XI jurusan Tata Busana SMKN 1 Sumenep.
Menurut pemilik usaha tailor yang akrab disapa Ibu Siti ini, ingin melihat hasil nyata peserta didik PKL selama melaksanakan PKL di usaha Tailor miliknya. Yang akhirnya mereka bisa menunjukkan Hasil karya selama PKL.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *