Menyiapkan tenaga pelaksana di bidang Administrasi Perkantoran yang memiliki pengetahuan, keterampilan, nilai dan sikap sebagai manusia yang bertanggung jawab dan mecintai profesi pekerjaannya.
Tujuan Khusus :
SMK Program Keahlian Administrasi Perkantoran sebagai bagian dari pendidikan menengah, bertujuan menyiapkan siswa / tamatan :
- Memasuki lapangan kerja serta dapat mengembangkan sikap professional dalam lingkup keahlian Bisnis dan Manajemen, khususnya Administrasi Perkantoran.
- Mempu memilih karier, mampu berkompetisi dan mampu mengembangkan diri dalam lingkup keahlian Bisnis dan Manajemen, khususnya Administrasi Perkantoran
- Menjadi tenga kerja tingat menengah untuk mengisi kebutuhan dunia usaha dan industri pada saat ini maupun masa yang akan datang dalam lingkup keahlian Bisnis dan Manajemen, khususnya Administrasi Perkantoran
- Menjadi warga Negara yang produktif, adaptif, selektif dan kreatif.
Jabatan dan Lingkup Pekerjaan :
Bidang pekerjaan yan dapat diisi oleh tamatan Program Keahlian Administrasi Perkantoran antara lain :
- Administrasi Perkantoran Yunior
- Juru Tata Usaha Kantor
- Administrasi Perkantoran Muda (Yunior Secretary)
- Juru Tik
- Resepsionis
- Juru Steno
- Operator Komputer
- Operator Telepon, Telex dan Facsimile,
- Arsiparis / Agendaris
- Petugas Humas / Keprotokolan
Kompetensi Tamatan :
- Kemampuan umum : Tamatan Program Studi Administrasi Perkantoran dapat menampilkan diri sebagai manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berbudi pekerti luhur, sehat jasmani dan rohani, berkepribadian yang mantap dan mandiri serta mempunyai rasa tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan
- Kemampuan Produktif : Kompetensi Produktif yang dimiliki tamatan program Administrasi Perkantoran adalah seperti tercantum pada Profil Kompetensi Tamatan Administrasi Perkantoran.