Info Sekolah
Senin, 13 Mei 2024
  • Terima kasih sudah berkunjung ke website resmi SMKN 1 Sumenep, SMK Bisa dan Hebat
22 Oktober 2021

SMK 1 Sumenep Gali Informasi ke Manajemen Perhotelan UNAIR

Jumat, 22 Oktober 2021 Kategori : Berita

Kunjungan atau studi kampus menjadi ajang pembelajaran bagi siswa SMA/SMK sederajat untuk menggali pengetahuan tentang proses masuk, pendidikan, hingga aktivitas perkuliahan di kampus. Salah satunya adalah yang dilakukan siswa dan guru SMKN 1 Sumenep. Mereka melakukan kujungan ke Fakultas Vokasi Universitas Airlangga, khususnya Program Studi D-3 Manajemen Perhotelan, Kamis (12/4).

Bertempat di Aula Fakultas Vokasi, rombongan dari SMKN 1 Sumenep mengikuti serangkaian pemaparan guna mengembangkan kapabiltas di bidang perhotelan. Kunjungan diikuti oleh siswa-siswi 2 kelas prodi perhotelan beserta 6 guru pendamping.

Aris Sunandar selaku Wakil Kepala Sekolah SMKN 1 Sumenep berterimakasih telah diterima untuk menimba ilmu dan belajar bagaimana berkompetisi di dunia kerja.

“Kunjungan ini diharapkan dapat mempersiapkan siswa-siswi kami untuk melanjutkan studi atau terjun di dunia kerja,” tambanya.

Prof. Dr Retna Apsari, M.Si selaku Wakil Dekan I Fakultas Vokasi mengatakan, kujungan ke Prodi Manajemen Perhotelan ini sangat sesuai dengan kompetensi siswa-siswi SMKN 1 Sumenep. Mengingat, jenjang pendidikan kejuruan selaras dengan pendidikan vokasi, yakni lulusan yang siap kerja.

“Sejatinya memang lulusan kejuruan memilih pendidikan vokasi karena porsi pembelajarannya 60% praktik dan 40% teori. Terlebih, nantinya prodi Manajemen Perhotelan UNAIR akan melakukan redesign kurikulum menjadi D-4, sehingga sebanding dengan sarjana terapan,” ujarnya.

Dewasa ini pendidikan vokasi menjadi potensi untuk bersaing dengan tenaga kerja luar negeri. Agar nantinya, lulusan tidak menjadi penonton di negeri sendiri. Prof Retna mengimbau kepada seluruh siswa agar membuka akses informasi seluas-luasnya untuk menggali passion dan strategi pencapaian.

Dalam kesempatan kunjungan itu, mahasiswa prodi Manajemen Perhotelan dan Parwisata UNAIR turut memberikan gambaran aktivitas perkuliahan dan kegaiatan mahasiswa.

Ferdinand Lamberthus, mahasiswa prodi Manajemen Perhotelan memaparkan kegiatan kemahasiswaan, mulai dari pelatihan table manner di Hotel JW Marriott dengan standar internasional, pengabdian masyarakat, hingga seni dan olahraga.

Di samping itu, terdapat berbagai mata kuliah di peminatan Manajemen Perhotelan, seperti akuntansi, etika profesi, sistem informasi perhotelan, hingga tata hidang. Perkuliahan juga didukung dengan failitas laboratorium untuk pengolahan makanan.

“Ke depan, prodi Manajemen Perhotelan akan terus berupaya lebih untuk meningkatkan kerja sama dengan berbagai hotel untuk praktik lapangan. Sehingga, tidak terbatas di kampus saja,” terang Dian Yuli Reindrawati, S.Sos., M.M., Phd selaku Ketua Program Studi D-3 Manajemen Perhotelan

Tidak ada komentar

Tinggalkan Komentar

 

Silahkan masuk untuk bisa menulis komentar.

Pengumuman

Diterbitkan :
PENGUMUMAN PELULUSAN 2024
Bagi siswa yang telah dinyatakan  :  LULUS    setelah  menempuh Penilaian Akhir Sumatif Jenjang SMK, diharapakan..
Diterbitkan :
Pembekalan PKL
Pembekalan Praktik Kerja Lapangan akan dilaksanakan pada hari Rabu 27 Oktober 2021 di Ruang kelas..
Diterbitkan :
Vaksinasi Tahap 2
Dalam rangka menyambut pelaksanaan kegiatan Kunjungan kerja industri (KKI) untuk kelas X Praktek Kerja Lapangan..

Hubungi Kami

SMKN 1 Sumenep
Jl. Trunojoyo 298 Patean
Sumenep 69451
Telp : 0328664107
Email : info@smk1sumenep.sch.id